Posted by: fitri sofyan | July 16, 2008

Palasik

Palasik, apa itu palasik?? Kata itu baru hari ini aq dengar. Mungkin teman-teman pada heran kenapa kata yang udah begitu umum itu aq gak tau. Tapi beneran loh aq bener-bener gak ngerti apa itu palasik.

Ceritanya gini, sore tadi tepatnya tgl 15 juli 2008 aq pergi ngeliat baby temen deket ku wkt MAN (setingkat SMA), dia udah lahiran 26 hari. Tapi yang heran tuh baby kok badannya kurus bgt, waktu aq tanyain ke dia berat wkt lahir brp dia bilang 3,4 kg (wow termasuk gede utk ukuran anak pertama). Baru terakhir dia cerita kalau anaknya sakit, aq gak ngerti kirain sakit biasa tp wkt aq pegang kok badannya gak hangat tp normal. Ujung-ujungnya baru dia bilang klo si baby kena palasik. Aq tanya donk palasik itu jenis penyakit apaan?? Trus jawabnya itu sejenis “ilmu hitam” yang biasa digunakan org untuk mempertahankan kecentikan/ kemudaannya. Katanya dengan “menghisap darah” anak baby akan membuat pemilik ilmu tsb awet muda.

Bayangan dikepalaku maksud menghisap darah itu ya spt vampire atau drakula (kok serem amat), tapi rupanya menghisap darah itu Cuma istilahnya aja, intinya mengambil sari pati dari si baby utk dirinya sendiri. Emang dihari gini masih ada ya yang begituan?? So, karena penasaran maka wkt sampe rmh langsunglah aq browsing tapi aq gak dapet artikel atau apapun mengenai penyakit dr ilmu hitam spt itu. ada sih yg berkaitan ma ilmu hitam gitu tapi beda pengertiannya, selain itu yang muncul malah artikel berbahasa inggris yang gak ada kaitannya, duuuh jd pusing sebenarnya gimana sih palasik itu??? mdh2an Allah menjauhkan keluarga ku n keluarga kita semua dari hal-hal berbau mistis gitu ya… Amiiinn


Responses

  1. aku punya anak berumur 5 bulan,untuk anak seumurannya berat badannya ok,tapi lama kelamaan beratnya turun serta sering sakit-sakitan.aku udah dtng ke beberapa dokter spesialis anak tp dia tak kunjung sembuh. pada suatu hari ketika dia BAB, aroma kotorannya berbau bangkai. lalu aku bawa dia ke orang tua(dukun),hasilnya ternyata anak ku terkena palasik dari umur 3 bulan. lalu dukun itu mengobati anak ku dan hasilnya sekarang penyakitnya mulai berkurang. biasanya gejala palasik itu setiap akan azan magrib dia menangis meronta sambil menggosok2 kan kedua kakinya,bau kotorannya sangat menyengat,lalu palasik itu biasanya juga di iringi dengan badan panas dan batuk yang sangat parah, biasanya tanda yang paling umum adalah ubun2nya yang legok.

    • Makasih ya mba’ yuli udh mau share ke kita..
      semoga anaknya dpt tumbuh sehat trus ya mba’
      ^.^

  2. huy,,,
    kenalin gw ian, gw anak medan..
    gw mw crt ma km skligus mw nny sm km,,

    gw itu anak yg pnh kena pnykit palasik
    gw jg saat ini sdng nyri apa itu pnykit palasik!!!

    km bs ga, ksih tahu gw ttg anak yg km crtain diatas?
    gmn kondisi anak itu skrg?
    plizzz…

    tlg gw ya,,,
    tlg bls psan gw ini ya,,
    gw tunggu kbr dr km scpatnya,,,
    key

    • ian…
      untuk anak yg aku ceritain diatas Alhamdulillah sekarang udah sembuh,
      udah mulai tumbuh spt anak2 normal lainnya n berat badannya jg udah bertambah.
      Temenku itu mbawa anaknya ke org tua yg katanya ngerti mslh gituan trus minta didoain ma ustadz jg,,,
      trus kalo kamu prnh kena palasik dulu skrg gimana?? ngerasa ada yg beda atw gimana? share jg donk.
      thx ya

  3. sorry ya br bs ksi kbr skrg,,

    alhamdulillah,
    skrg q udah sehat sperti org lain biasanya.
    kata ortu q seh, aq pnh dbawa ke t4 org pntar jg,
    tp ortu q gak pnh mau nyeritain ttg pnyakit itu sm q.

    ya…..
    sbnrnya seh q udah ckp brsyukur koq,
    dngan kondisiku saat ini yg udah bs dblg shat.

    tp……
    ada yg aneh dgn kondisi q,
    smpai saat ini, q ngerasa ada hal yg gak baik di bagian jantung ku.

    gak tau jg itu disebabkan apa?
    blom ada biaya untuk check up….
    hehe……..heheh…….

  4. nama gw ismud
    sbnrnya gw jg gk tau penyakit plasik tu sprti apa..
    tp gw adalah salah satu org yg terkena plasik.
    kata org cie penyakit plasik tu krn ilmu hitam..
    yg gw rasain mulai dari lahir sampe skrg :
    – kepala gw sring bgt pening
    – da hal yg gk baik dibagian jantung
    – gw sring bgt mimisan
    smpai skrg gw jg belum tau pa obatnya..
    klw kalian da yg tau obatnya tlg kirimkan or bls pesan ini


Leave a comment

Categories